TIM PENELITI DARI RS DARURAT WISMA ATLET KEMBANGKAN SUPLEMEN HERBAL UNTUK COVID-19

Tim peneliti dari Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tengah melakukan penelitian untuk mengembangkan immunomodulator berbahan tanaman herbal Indonesia untuk pasien infeksi virus corona. Sejauh ini, para peneliti telah mengumpulkan 90 subjek penelitian pada Minggu (2/8/2020).

Koordinator Kegiatan Uji Klinis Kandidat Immunomodulator dari Herbal untuk Penanganan COVID-19, Masteria Yunolvisa Putra. mengatakan, sebanyak 72 orang di antaranya sudah selesai menjalani klinis untuk pasien Covid-19. "Saat ini kami sudah merekrut subjek sebanyak 90, yang sudah selesai 72 subjek," kata Masteria.

Masteria menyebutkan, sebenarnya immunomodulator merupakan sejenis suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bukan obat maupun vaksin untuk Covid-19.

Materia, yang juga peneliti dari Puslit Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), menjelaskan, uji klinis kandidat immunomodulator ini dilakukan secara acak terkontrol tersamar ganda dengan plasebo agar menghindari terjadinya bias pada penelitian. Sistem UK (uji klinis) kami blinding jadi kita tidak tahu yang mana dapat obat uji dan kontrol. Setelah akhir baru kita bisa tahunya," jelas Masteria.

Merujuk penjelasan LIPI melalui akun Instagram-nya, disebutkan terdapat dua produk uji dan satu plasebo yang diberikan secara acak pada 90 subyek uji. Dua produk uji itu adalah Cordyceps militaris dan kombinasi bahan herbal yang terdiri dari rimpang jahe, meniran, sambiloto dan daun sembung yang telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dengan demikian, masing-masing produk uji akan diberikan pada 30 subjek uji yang berbeda-beda.

sumber :https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/03/143542265/tim-peneliti-dari-rs-darurat-wisma-atlet-kembangkan-suplemen-herbal-untuk